PERAN AIR BAGI KESEHATAN

Posted: Mei 18, 2012 in Pola Hidup Sehat
Tag:

Tubuh dapat bertahan selama berminggu-minggu tanpa makanan, tapi hanya beberapa hari tanpa air. Air merupakan bagian utama dari tubuh. Pada orang dewasa 55-60% dari berat badan orang dewasa atau 70% dari bagian tubuh tanpa lemak (lean body mass). Angka ini lebih besar untuk anak-anak. Pada proses menua, manusia kehilangan air.

Kandungan air bayi baru lahir adalah 75% dari berat badan. Sedangkan pada usia tua menjadi 50%. Kehilangan ini sebagian besar berupa kehilangan cairan ekstra seluler.

Kandungan air tubuh relative berbeda antar manusia, bergantung pada proporsi jaringan otot dan jaringan lemak. Tubuh yang mengandung air relative lebih banyak otot mengandung lebih banyak air.

Karena pentingnya air bagi tubuh maka salah satu pesan dalam pedoman umum gizi seimbang yaitu minumlah air bersih yang aman dan cukup jumlahnya.

 

Bagaimana distribusi air di dalam tubuh ?

Cairan tubuh merupakan media semua reaksi kimia dalam sel. Tiap sel mengandung cairan intraseluler (di dalam sel) dan ekstra seluler (di luar sel). Cairan ekstraseluler terdiri dari cairan interseluler dan intervaskular.

Conto seseorang dengan berat 70 kg mengandung kurang lebih 45 liter air, 30 liter diantaranya merupakan cairan intraseluler dan 15 liter cairan ekstra seluler.

 

Apa Fungsi Air bagi tubuh ?

Air mempunyai berbagai fungsi dalam proses vital tubuh.

  • Sebagai pelarut dan alat angkut

Air di dalam tubuh berfungsi sebagai pelarut zat-zat gizi berupa monosakarida, asam amino, lemak, vitamin dan minerl serta bahan-bahan lain yang diperlukan seperti oksigen dan hormon-hormon. Zat gizi dan hormone ini dibawa ke seluruh sel yang membutuhkan. Sisamping itu air sebagai pelarut mengangkut sisa-sisa metabolism  termasuk karbon dioksida dan ureum untuk dikeluarkan dari tubuh melalui paru-paru, kulit dan ginjal.

  • Sebagai katalisator

Air berperan sebagai katalisator dalam berbagai reaksi biologi dalam sel, termasuk di dalam saluran cerna

  • Sebagai pelumas

Air berperan sebagai pelumas dalam cairan sendi-sendi tubuh

  • Sebagai Fasilitator pertumbuhan

Air sebagai bagian jaringan tubuh diperlukan untuk pertumbuhan.

  • Pengatur suhu

Karena kemampuan air untuk menyalurkan panas, air memegang peranan dalam mendistribusikan panas di dalam tubuh. Sebagian panas dihasilkan dari metabolism energi untuk mempertahankan suhu tubuh yaitu 37 derajat celcius.

  • Peredam benturan

Air dalam mata, jaringan saraf tulang belakang dan dalam kantung ketuban melindungi organ-organ tubuh dari benturan-benturan.

 

Apa yang dimaksud dengan Keseimbangan Cairan dalam tubuh ?

Keseimbangan cairan tubuh adalah keseimbangan antara jumlah cairan yang masuk dan keluar tubuh. Tubuh akan menjaga jumlah air dalam tubuh tetap/konstan.

Ketidak seimbangan terjadi apabila terjadinya dehidrasi (kehilangan air secara berlebihan) dan intoksikasi air (kelebihan air).

 

Bagaimana pengaturan konsumsi air ?

Konsumsi air diatur oleh rasa haus dan kenyang. Hal ini terjadi melalui perubahan dalam mulut. Hipotalamus adalah pusat otak yang mengontrol pemeliharaan keseimbangan air dan suhu tubuh.

 

Berapa kebutuhan air dalam sehari ?

Kebutuhan air dinyatakan sebagai proporsi terhadap jumlah energi yang dikeluarkan tubuh dalam keadaan lingkungan rata-rata. Untuk orang dewasa dibutuhkan sebayak 1-1,5 ml per kkal sedangkan untuk bayi 1,5 ml/kkal.

Masukan air terdiri dari dari cairan : 550-1500 ml (kurang lebih 7 sampai delapan gelas sehari), dari makanan 700-1000 ml dan air metabolic 200-300 ml.

 

Apa yang dimaksud dehidrasi ?

Dehidrasi adalah kehilangan air secara berlebihan

 

Bagaimana gejala dehidrasi ?

Dehidrasi Ringan :

  • Haus
  • Bibir kering
  • Suhu tubuh meningkat
  • Sakit kepala

Dehidrasi sedang :

  • Semakin haus
  • Denyut nadi cepat
  • Suhu tubuh semakin meningkat
  • Pusing
  • Tubuh terasa lemah
  • Urin pekat & sedikit

 

Oleh karena itu, biasakan minum air yang aman dalam jumlah cukup karena Dehidrasi berakibat buruk bagi kesehatan, produktifitas dan daya ingat/kecerdasan. (SUIRAOKA_052012).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s