PLUS MINUS KOPI BAGI KESEHATAN

Posted: Mei 18, 2012 in Pola Hidup Sehat

kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang dikenal oleh hampir semua orang. Penggemar kopi juga tidak sedikit bahkan yang ekstrimnya lagi seperti disebutkan oleh satu artikel bahwa dari tiga orang didunia, salah satunya adalah peminum kopi.
Kopi memang sungguh nikmat diminum di pagi hari atau sat malam dikala pekerjaan menumpuk. Kopi merupakan salah satu minuman yang paling dinikmati oleh banyak orang, yang tidak sekedar diseruput saja namun juga dinikmati.
Peminum kopi pun bukan hanya pada satu kalangan atau kelompok masyarakat saja. Dari masyarakat kelas bawah hingga para eksekutif pun menikmati kopi. Saking terkenalnya sampai-sampai dalam acara seminar atau sejenisnya waktu rehat/istirahatpun disebutkan sebagai coffe break atau rehat kopi.
Meski minum kopi sungguh nikmat, minuman ini seringkali menimbulkan dilema. Karena beberapa penelitian menunjukkan bahaya dari minum kopi. Namun selain itu ada juga penelitian yang mengemukakan manfaat dari minum kopi. Nah, apa saja plus (efek positifnya) dan minus (efek negatif) dari minum kopi tersebut bagi kesehatan ?

Efek positif Kopi
Dalam jangka pendek efek positif kopi antara lain : menambah kecepatan berfikir dan inspirasi, menyembuhkan rasa ngantuk dan kelelahan, peningkatan sensor stimuli dan reaksi motorik (misalnya seseorang yang mengetik akan dapat bekerja lebih cepat dengan tingkat kesalahan lebih kecil).
Secara ilmiah hal ini dapat dijelaskan bahwa kafein dalam 1 – 2 cangkir kopi dapat menambah detak jantung, melebarkan pembuluh darah, mendorong aliran sampah-sampah cair maupun padat dari dalam tubuh sehingga badan terasa lebih ”segar”.

Efek negatif kopi
Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki efek stimulan yang cukup berbahaya. Kafein dapat menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur. Kafein juga menyebabkan seseorang sulit mengendalikan emosi serta sulit berkonsentrasi. Kafein juga diindikasikan bisa memicu kanker.
Efek negatif jangka pendek kafein bila diserap oleh tubuh secara berlebihan antara lain : kecemasan kronis, gelisah, lekas marah, insomnia, otot berkedut dan diare. Kafein dalam jumlah yang besar (misalnya dikandung dalam 10 cangkir kopi yang diminum berturut-turut) akan bersifat racun bagi tubuh. Efek yang ditimbulkan antara lain : muntah, demam dan kebingungan secara mental.

Selain itu dampak ikutan yang perlu diperhatikan adalah umumnya orang minum kopi pasti menambahkan gula. Dengan minum kopi dalam jumlah yang banyak, berarti banyak pula gula yang dikonsumsi. Padahal gula merupakan salah satu jenis karbohidrat sederhana yang sangat mudah diserap oleh tubuh. Kosumsi gula yang terlalu banyak juga merupakan hal yang tidak baik bagi tubuh, karena mempunyai dampak bagi munculnya penyakit-penyakit degeneratif (SUIRAOKA_052012).

Komentar
  1. suiraoka mengatakan:

    Reblogged this on suiraoka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s