KHASIAT BUAH KELAPA

Posted: Juli 23, 2012 in Pola Hidup Sehat

Kelapa (Cocos nucifera) adalah salah satu jenis tumbuhan yang memiliki fungsi yang sangat banyak dalam kehidupan ini. Semua bagian dari pohon ini seakan tak ada yang tidak bisa dimanfaatkan oleh manusia dalam kehidupan ini. Buah kelapa adalah buah yang memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Satu buah kelapa selain mengandung zat gizi makro (karbohidrat, lemak dan protein) mengandung banyak zat gizi mikro yang dibutuhkan tubuh seperti potassium, sodium, kalsium, kalsium, magnesium, zat besi, dan posfor.

Hasil penelitian tentang buah kelapa ini yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan asam lemak rantai sedang (medium chain fatty acid) pada buah kelapa terbukti meningkatkan metabolism tubuh hingga tiga kali lipat. Metabolisme yang tinggi turut menjaga berat badan selalu ideal.

Air Kelapa

Air kelapa sangat nikmat diminum pada saat dahaga. Jika dilihat dari tingginya kandungan mikro nutrient didalamnua, air kelapa dapat berfungsi sebagai minuman elektrolit. Hal ini dikarenakan kandungan sodium dan potasiumnya yang dapat menggantikan cairan tubuh saat berolahraga. Selain itu menurut Nancy Clark penulis buku Nancy Clark’s Sports Nutrition Guidebook menambahkan air kelapa juga dapat meringankan gejala infeksi saluran kemih, mengontrol kadar gula darah, serta membunuh virus dan bakteri dalam tubuh.

Air kelapa ini juga dapat diolah lebih lanjut menjadi semacam jelly yang disebut nata de coco dan sering digunakan sebagai campuran minuman penyegar.

Daging kelapa

Daging buah kelapa berwarna putih dan seringkali digunakan sebagai bagian dalam berbagai macam masakan di Indonesia. Baik dalam bentuk kelapa parut maupun santannya. Tingginya protein dalam daging kelapa mampu menyumbang energy dan baik untuk orang yang sedang menurunkan berat badan. Daging kelapa juga mengandung asam laurat, yaitu senyawa antimikroba dan anti bakteri yang dapat mengatasi mual, asma, sakit gigi, infeksi bernanah dan infeksi usus.

Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat, caprylic dan capric yang diyakini dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah. Minyak kelapa membantu dalam meningkatkan sistem pencernaan sehinggan dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan terkait termasuk sindrom iritasi usus besar. Lemak jenuh dalam minyak kelapa memiliki sifat anti mikroba dan membantu berbagai masalah dengan berbagai bakteri, jamur, parasit, dll, yang menyebabkan gangguan pencernaan. Minyak kelapa juga membantu dalam penyerapan zat gizi lain seperti vitamin, mineral dan asam amino. Bahkan minyak kelapa sekarang ini banyak digunakan sebagai salah satu terapi untuk mengobati penyakit kronis, degenerative dan kanker (Suiraoka, 23072012).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s