RUMAH BAMBU DI BUBUNG KLAMBU

Posted: Februari 8, 2016 in Pola Hidup Sehat

Menyebut nama Bubung Klambu mungkin belum banyak dikenal orang. Lokasi tepatnya adalah dari Penelokan, Kintamani turun ke arah bawah (Danau Batur) dan lebih kurang 100 meter dari penelokan belok ke kiri.

Bubung Klambu adalah salah satu kawasan dengan panorama yang sangat indah. Pemandangan Gunung Batur dari sisi barat dilengkapi dengan Danau Batur dan Gunung Abang diseberangnya. Dari view point Bubung Klambu juga kita dapat memandang hamparan black lava dan Bukit Sampyang Wani yang hijau.

Namun apa sih yang menjadi keunikan utama yang membuat saya dan beberapa teman sampai beberapa kali berkunjung kesana? Alasan utamanya adalah karena ada seorang teman yang begitu polos dan ramah yang akan menyambut ketika datang ke Bubung Klambu. Beliau adalah Bpk Nyoman Arca (ini nama beken beliau di komunitas FB hehehee) Kesederhanaan dan ketulusan pertemanan yang beliau tampilkan sungguh tidak sebanding dengan beragam prestasi yang sudah diperoleh hingga ke tingkat nasional.

Yang berikutnya adalah Bambu-bambu di Bubung Klambu. Inilah yang mengantarkan pak Nyoman Arca dan teman-teman kelompok Tani Bambu Hidup Rukun meraih prestasi-prestasinya.

Bangli secara umum adalah kabupaten yang memiliki beragam jenis tanaman bambu. Bambu biasaya kita kenal hanya sebagai tanaman penjaga jurang namun di Kabupaten Bangli dan juga termasuk di Bubung Klambu merupakan tanaman yang di budidayakan. Luas areal bambu di Bubung Klambu sekitar 12 hektar yang dikelola bersama oleh 22 anggota kelompok tani bambu Hidup Rukun. Jenis tanaman bambu yang ada di bubung klambu antara lain bambu/tiing jempiit, tiing tali, tiing petung abu, petung item dan bambu tabah. Kelompok tani hidup rukun juga bekerja sama dengan ITTO yaitu organisasi internasional dalam bidang konservasi hutan.

Selanjutnya dengan adanya variasi tanaman bambu di Bubung Klambu akhirnya dikembangkan pula sebagai Agro Wisata yang dikenal dengan nama Agro Wisata Tiing Bali Bubung Klambu. Dengan terus berbenah agrowisata ini semakin dilirik oleh wisatawan.

Pengembangan berikutnya adalah dengan disediakannya guest house bagi tamu yang ingin menginap di bubung klambu. Saat ini sudah tersedia 3 kamar bernuansa bambu yang nyaman sebagai tempat beristirahat.

Sungguh nuansa berbeda yang luar biasa dirasakan oleh tamu yang menginap disini. Agrowisata Tiing Bali juga menyiapkan track untuk para tamu yang ingin berjalan-jalan melihat lebih dekat tanaman beragam bambu yang ada.

Jadi jika anda merasa jenuh dengan suasana perkotaan dan ingin melepaskan penat, memperoleh suasana baru penuh inspirasi dan merefress pikiran tidak ada salahnya untuk menginap di Agrowisata Tiing Bali (TS08022016).

Komentar
  1. Ni Made Sri Andani mengatakan:

    Bangli luar biasa ya. Suatu saat harus berkunjung ke sini ini
    ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s